Wednesday, October 01, 2008

Puasa dan Lebaran

Ini adalah pengalaman ke tiga saya untuk berpuasa dan berlebaran di negara lain. Pertama ketika tahun 1995 di North Judson, Indiana. Kedua tahun 2006 umroh lailatul qadar hingga lebaran dan tahun ini di honolulu, Hawaii. 

Setiap pengalaman berbeda. Dulu waktu itu saya masih SMA dan juga di kota saya tinggal jauh sekali dari mesjid, jadi saya hanya berpuasa dan tidak merayakan lebaran.
Pegalaman ke dua sangat berbeda, di mana saya memang meniatkan beribadah di masjidil harom, sehingga suasana ramadhan dan lebaran sangat amat terasa. 
Dan kali ini pengalaman ketiga tidak terlalu jauh dengan pengalaman pertama dimana hanya saya sendiri yang muslim dalam lingkungan. Saya sempat berpuasa di pesawat dan menunggu di narita. Saya juga sempat berpuasa di hawaii untuk 4 hari karena setelah itu saya menstruasi sehingga tidak puasa. Mungkin karena saya tidak berpuasa juga menjelang lebaran sehingga suasana lebaran sangat amat tidak terasa. 

Malam ini adalah malam takbiran di hawaii, dimana di jakarta sudah merayakan lebaran tentunya. Tapi suasana itu tidak saya rasakan sama sekali. Eh ada sih sedikit, karena saya masih menerima sms dan email lebaran dari keluarga dan teman2 saya. Thanks a lot ya guys...
Sebenarnya di Honolulu ada mesjid yang terletak di bukit Manoa kira-kira 6 km dari tempat turun bis (harus jalan kaki) tapi sehubungan saya tinggal di daerah hawaii kai dan itu sekitar 1 jam naik bis di tambah nunggu bis 1 jam, jadi tidak mungkin saya ke down town dan juga harus segera balik ke kampus karena hari itu ada kuliah.. mmm belajar itu kan juga ibadah ( ngeles aja :) ) 

Tapi saya sangat bersyukur bisa merasakan hal ini semua. Insya Allah dengan semua ini saya bisa berdakwah serta menambah keimanan saya. Amin.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 HIJRIAH
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
Semoga kita dilapangkan dada untuk bisa saling memaafkan dan sabar serta ikhlas dalam menjalani hidup. Amin.

No comments:

Post a Comment