Wednesday, August 14, 2013

Puasa di kala Hamil

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para calon ibu yang mau puasa di kala hamil ditahun mendatang. 

Ramadhan tahun ini saya sedang hamil sekitar 25-29 minggu. Kebetulan sebelum bulan Ramadhan saya sempat cek ke dokter, sehingga saya juga bisa tanya-tanya mengenai puasa untuk ibu hamil. 
Untuk kondisi saya, dokter menyarankan ikut puasa, malah beliau sampai berkali-kali menyuruh puasa. Kondisi saat itu karena berat badan saya sudah naik cukup dan juga berat janin sudah cukup cenderung besar.

Saran dari dokter tetap makan 3x, yaitu sahur, buka dan menjelang tidur serta minum yang cukup.
Hari pertama dan kedua puasa saya ikut berpuasa dan mengikuti saran dokter, menjelang tidur saya mengemil saja, karena masih kenyang juga. Tapi hari ke3 saya sudah lemas sehingga saya tidak berpuasa dan berpuasa lagi baru hari ke5nya. Puasa saya bolong-bolong tergantung dengan kondisi badan saya, jika pas bangun sahur rasa fit, maka saya puasa, jika tidak hanya menemani suami saya sahur saja. Saya paling pol bisa berurut puasa 4 hari, itu juga sudah menjelang lebaran, sehingga saya sudah cuti bersama.
Dari total 29 hari saya bisa berpuasa 15 hari dan sisanya 14 hari bayar fidiyah serta rencana mau ganti puasanya. 

Kendala saya yang saya rasakan saat berpuasa adalah haus yang membuat dehidrasi, membuat badan saya lemas ketika malam. Ketika berpuasa, saya pun tetap beraktivitas biasa a.k.a tetap bekerja. Untuk menahan rasa lapar, saya masih kuat. 

Setiap sahur saya minum 1 Liter dan buka 1 Liter air putih, sehingga saya tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu setiap mau puasa, disaat sahur, pasti saya informasikan ke Janin kalau kita akan berpuasa hari ini, dan alhamdulillah dede janin selalu kuat. 

Saya tanya beberapa teman saya dan relasi yang saya kenal, memang ada yang berpuasa dan ada juga yang tidak berpuasa saat hamil. Banyak di antaranya yang berpuasa full namun tidak bekerja, dalam artian bisa bobo siang, dan jika lemas bisa keyeh-leyeh saja. Tapi ada teman saya yang tetap puasa (batal 1 hari) dan juga tetap bekerja. Intinya adalah puasa di kala hamil tidak apa-apa, tidak perlu ditakutkan berlebihan untuk janin, namun diri kita sendiri yang bisa mengukur kemampuan diri. Jika kuat silahkan berpuasa, namun jika lemas jangan diteruskan. Takutnya kondisi lemas, kurang fit, jadi kita gampang sakit.

Oh ya, saya berpuasa 15 hari saja tetap naik berat 1kg, dan naik 1kg lagi pas lebaran hehehe..

Berikut Tips saya jika mau berpuasa disaat hamil :
1. Makan yang cukup kala sahur dan berbuka. 
2. Kalau masih kuat, bisa ngemil sebelum tidur. Kalau saya ga kuat buat makan besar lagi.
3. HARUS cukup minum, cek dari pipis kita aja pas malam, kalau masih kuning keruh harus tambah minum.
4. Bisa mengukur diri, kalau lemas jangan dipaksakan, karena takutnya kondisi tidak fit membuat gampang terserang sakit. 
5. Komunikasi dengan dede janin kalau kita akan berpuasa, sehingga dia juga ikut kerjasama.
6. Saya selalu hemat energy, kalau pulang kantor langsung pulang, taraweh dirumah aja, walaupun bolong-bolong juga.

No comments:

Post a Comment