Friday, October 18, 2013

Review - Senam Hamil


Kontrol dokter di W32 tanggal 26 Agustus 2013, Dokter Achmad mewajibkan cek list dia ke saya yaitu untuk senam hamil, kelas laktasi dan monitor gerak bayi.  Saya memang sudah rencana untuk mengikuti kelas ini tapi memang belum terlaksana aja, tapi karena dokternya udah bilang jangan ditunda, jadi suami saya langsung nyuruh saya untuk menyegerakan, tidak boleh ditunda lagi. Walaupun jadinya 2 hari sabtu saya jadi tidak bareng suami karena dia harus fisioterapi di RS Bintaro.
Saya akan mencoba mereview kelas senam hamil dan kelas laktasi yang saya ikuti.

Saya sudah mencoba senam hamil 2 kali di 2 tempat berbeda. Pertama saya di Klinik Dokter Achmad Mediana dan kedua di RSIA KMC.

Senam Hamil di Klinik Dokter Achmad Mediana

Kelas dibagi 2 sesi, karena ruangannya hanya cukup sekitar 6 orang saja.
Sesi pertama jam 07.00 – 08.00 untuk Bumil dengan usia kandungan di atas W35
Sesi kedua jam 08.00 – 09.00 untuk Bumil dengan usia kandungan di bawah W35.
Sepertinya materinya berbeda karena untuk yang sudah diatas W35 pakai simulasi napas melahirkan.
Kelas ini di pandu oleh Bidan Mesahk, beliau sudah aga tua, mungkin di sekitar 50 tahun.
Biaya kelas Rp. 75.000

1st impression saya mengikuti kelas ini kurang puas. Waktu itu saya ikut kelas yang jam 8.00 pagi. Saya datang 10 menit lebih cepat, sekitar jam 7.50. Lalu oleh mbak reseptionis disuruh tunggu di ruang tunggu (di luar kelas). Sudah jam 08.00 ko belum ada tanda-tanda disuruh masuk. Jam 08.10 saya melihat 2 orang Bumil keluar dari ruang kelas, tapi ko kita ga di panggil. Baru jam 08.20 ada yang keluar dari ruangan mau ambil bubur kacang ijo, sambil tanya ke mbak yang di meja cek tensi darah “ini ga ada yang mau senam lagi ya?”, sontak saya langsung jawab, “saya bu” dan ada bumil satu lagi juga bilang “saya”. Trus dia bilang “loh ko ga masuk?” ya spontan kita bilang “wah ga tau, kirain di panggil”. Trus dia bilang, wah yang di dalam udah setengah jalan.” Saya membatin, yah jangan pakai asumsi orang sudah tau lah, kan tidak semua orang tau.

Saya masuk kedalam ruangan, sudah ada 1 orang Bumil yang tiduran di matras. Si Bidan bilang ikuti aja dulu ya, nanti biar dia ga nunggu lama, dan kalau sudah selesai dia akan ulangi dari awal.
Gerakan yang diajarin lebih untuk elastisitas otot menjelang melahirkan dan mengurangi keluhan sakit kaki dan punggung selama kehamilan. Tanpa latihan pernapasan.
Saya merasa senamnya agak terburu-buru, ternyata benar, ibu Bidannya ada janjian jam 09.30 di RS lain. Tapi memang senamnya hanya 30 menit saja. Sekitar jam 08.50 senam saya sudah selesai dan ibu Bidan bilang, kenalan dan ngobrol-ngobrolnya minggu depan aja ya, saya ada janjian lagi dan kalau mau ikut yang jam 07.00 juga boleh ko, dan dia buru-buru keluar. Mmm saya langsung kurang sreg. Jadi nama Ibu Bidan pun saya tahu di meja reseptionis ketika saya bayar.
Saya belum mencoba lagi sih untuk kelas jam 07.00 nya, mending saya browsing tempat yang mungkin lebih ok.

Tips : Jadi kalau sudah daftar, langsung masuk aja ke ruangan, jangan tunggu di panggil.


Senam Hamil di RSIA Kemang Medical Care (KMC)

Kelas di KMC juga di bagi 2 sesi, namun bukan berdasarkan usia kehamilan, tapi lebih kepada preference Bumil aja.
Sesi 1. Jam 09.00 Р12.00 à biaya Rp. 100.000, pakai materi presentasi dulu. Materi berhubungan dengan kehamilan.
Sesi 2. jam 14.00 Р16.00 à biaya Rp. 75.000, tanpa pakai materi.

Kalau baca dari review Blog Bumil, katanya sih kalau pagi itu harus daftar dari jam 7 pagi, tapi kalau yang siang tidak begitu ramai. Kebetulan saya pagi ada acara dan saya coba ikut kelas siang.
Untuk daftar nya langsung saja ke Lt. 5, dan tidak harus pasien KMC.

Kebetulan saya sebelumnya abis ada acara, jadi sampai di KMC jam 1 siang, tanya ke reseptionis, lalu langsung ke lantai 5. Saya langsung daftar dan menunggu jam 2. Di lantai itu juga ada musola jadi saya solat lohor di situ juga.

Jam 13.55, ibu bidan sudah duduk di depan ruang kelas. Jadi saya langsung kesitu untuk cek tensi dan lapor diri. Alhamdulillah tensi saya normal 110/70.  Lalu saya di suruh masuk oleh ibu Bidan untuk cari matras. Tidak lama kemudian masuk lah beberapa Bumil lainnya, ada beberapa Bumil yang membawa suaminya. Di KMC memang para suami bisa masuk dan menunggu di dalam.
Senam baru dimulai jam 14.30, dipandu oleh Ibu Bidan Ayu dan selesai sekitar jam 15.40. Sebenarnya materi yang diajarin sama dengan yang di Klinik Dokter Achmad, namun penjelasan lebih detail dan pengulangan setiap gerakan juga lebih banyak. Dan disini langsung diajarin pernapasan. Khusus untuk yang kurang dari W32 tidak boleh dipraktekan jadi karena saya sudah 34 minggu jadi boleh langsung dipraktekan.

Kalau dari over all, saya puas untuk senam disini. Kalau orang yang suka olah raga dan suka senam, sepertinya ikut sekali saja senam nya, lalu bisa mengulangi dirumah. Nanti saya ulas gerakan-gerakan apa saja yang diajarkan ya…

4 comments:

  1. wah keren banget sis, bisa jadi inspirasi nih buat ibu2 yang lain. Btw, kalo senam gitu pake baju senam terbaru gak? hehehe makasih sis ^^ salam buat keluarga

    ReplyDelete
  2. matur nuhun teteh artikelnya bantu banget. oh iya teh bisa bagi info tentang baju senam aerobik yang jual di surabaya

    ReplyDelete
  3. Thank kak for info, oh iya kak tanya donk yang jual baju senam body image daerah surabaya dmna ya kak

    ReplyDelete
  4. Matur nuhun atuch, artikelnya bantu banget. sekalian dach minta info yang jual baju senam crystal harga bersahabat dan kualitasnya mantap. thank kak

    ReplyDelete