Wednesday, April 23, 2014

Popok - Popok kain, Clodi sampai Pospak

Berhubung baru jadi ibu dan juga masih hangat-hangat nya, jadi pengen sharing popok yang dipakai oleh Amira. Mungkin akan bermanfaat untuk ibu-ibu yang lagi cari-cari popok.

Masih jaman hamil, saya sudah rencana mau pakai popok kain. Nah kebetulan teman kantor saya sudah melahirkan lebih dulu dan mengenalkan clodi ke saya. Jadilah saya pelajari tentang clodi. Awalnya bingung banget dari banyak merek dari import yang mahal banget hingga lokal yang juga masih mahal :) dan juga sebutan nya yang beraneka ragam. Membuat saya binggung juga mau beli yang mana. Kalau teman saya itu katanya gambling beli online, saya aga ragu buat beli online pertama kali, karena tidak tahu barangnya kaya apa dan pengen pegang bahannya, dsb.

Waktu itu ada pameran Mother&Baby di balai kartini. Saya datang kesana khusus pengen beli clodi.  Pengen banget pegang berbagai macam merek dan mau tahu bedanya apa.

2 bulan pertama amira pakai popok kain tetra (flat diapers), saya beli bahan meteran di sunan giri, lalu di potong sendiri ukuran 70cm x 70cm dan jahit oleh kakak saya. Harusnya di neci aja juga bisa sih. Amira pakainya di lipat (lihat you tube) lalu di luarnya di cover oleh cover clodi. Saya sih puas dengan cara ini. Gendong amira tapi tidak tembus kebaju kalau ompol, kadang kalau sudah kelamaan kain sisi luar basah juga sih. Untuk cover yang ok GG LilG dan cluebebe petite.


Kalau malam hari amira pakai diapers pospak. Sudah coba Merries, Huggies, Goon dan Mami Poko. Dari ke 4 merek itu yang cocok cuma Mami Poko walaupun agak bulky tapi bandel jarang tembus. Kalau ketiga merek lainnya itu pasti nembus kalau pup.

Pas Ulbul 2 bulan saya langsung pakaikan clodi ke amira. Koleksi clodi amira pun hanya sekitar 18 pc aja dan itu 80% adalah lokal. Sebenarnya bisa juga sih pakai clodi dari NB tapi pasti akan butuh banyak clodi. Kalau dulu ND-2bulan cover clodi bisa di pakai berulang dalam 1 hari. Merek yang amira pakai GG, Cluebebe, Pempem, Enphilia, Charlie Banana, dan Lovely. Yang import cuma charlie banana dan lovely aja itu pun hanya punya masing-masing 1 dan CB pun hadiah :).

Dari merek tersebut saya paling puas dengan GG lalu kedua baru Cluebebe. Fitting nya pas dan almost tidak tembus.
Pempem ok juga sih, innernya kering (stay dry) tapi insert bamboo kurang recomendasi. Lama kering nya dan kurang enak. Jadi saya pakai insert microfiber dari GG lil G saja yang sudah tidak dipakai lagi.
Enphilia itu enak juga tapi berhubung tidak water proof jadi kalau sudah kelamaan pasti lembab dan tembus luar. Jadi kalau sudah 2-3 jam harus ganti. 
Charlie Banana ini enak, sama puasnya dengan GG dan cluebebe, tapi ini kan import jadi ya harga 2x dari GG juga.
Lovely ini saya beli di pameran, harga nya sekitar seratus ribuan, performa ok juga.

Saya ga beli blueberry, bumwear, dan import lain nya yang harganya selangit. Cukup produk lokal aja :). Hemat dan juga eco green juga :).

Saya beli clodi ini di kafe ibu. Pertama dulu beli di toko offline pas bazar di M&B fair dan setelah itu saya belanja online aja deh.

3 comments:

  1. Saya sempet beli clodi royal baby harganya 89.900 tapi 2 jam tembus, kecewa banget.

    ReplyDelete
  2. Kain tetranya masih ada ga mba? Klo ada boleh saya beli semua? Tidak apa2 preloved juga mba

    ReplyDelete
  3. Kain tetra itu tahan berapa lama dan berapa kali pipis mba ?

    ReplyDelete