Wednesday, May 09, 2012

Tips pilih tepung terigu

Sehubungan saya kerja di pabrik terigu, jadi tertarik buat bagi-bagi ilmu cara pilih terigu. Bagi yang suka baking, yang bahan dasar nya terigu, pemilihan terigu yang pas itu sangat penting, karena terigu yang pas peruntukannya akan menghasilkan produk akhir yang maksimal. 
Jadi kadang kan suka tuh, ko roti saya ga mengembang ya atau gorengan saya ko keras ya atau ko nastar saya keras, nah itu bisa jadi salah pilih terigu nya... Saya tahu hal ini juga pas kerja di sini, sebelumnya saya kira terigu ya terigu, pake terigu apapun pasti bisa jadi, tapi ternyata salah...
Jadi ini beberapa tips pilih terigu :

1. Kalau beli terigu sesuai dengan makanan apa yang mau di buat. Jadi karena terigu itu kan dari gandum, gandum itu ada varietas nya, mirip kaya beras, ada yang pera, ada yang pulen. Nah terigu juga seperti ini. Namun kandungannya itu namanya protein gluten. Kadar protein gluten ini yang mempengaruhi terigu itu untuk buat makanan apa. 

2. Terigu protein tinggi, kalau di pasaran Cakra Kembar - nah terigu ini cocoknya buat roti tawar dan mie.  Kalau seperti kita-kita ini sih harusnya jarang pakai Cakra Kembar ini. 

3. Terigu protein sedang, kalau di pasaran Segitiga Biru - terigu ini untuk aneka makanan. Jadi kalau mau aman ya pilih aja terigu ini. Jadi kalau mau buat bolu, martabak, cake, pakainya terigu protein sedang. 

4. Terigu protein rendah, kalau di pasaran Kunci Biru - terigu ini untuk buat cookies, biskuit dan cake juga. Jadi kalau mau buat kue-kue lebaran ya pake terigu ini. Jadi kalau buat kue lebaran pakai terigu protein tinggi, pasti di jamin ga jadi. 

5. Terigu protein rendah juga tapi namanya Lencana Merah - nah terigu ini buat jajanan pasar dan juga goreng-gorengan. Jadi terigu ini ga makan minyak, kalau mengoreng ga makan banyak minyak (irit minyak). Trus gorengannya juga bisa renyah. 

6. Menyimpan terigu ini juga di tempat yang kering dan dingin, karena sama seperti beras, kalau lembab bisa kutuan. Jadi kalau sudah di buka, di iket lagi ya. 

Jadi udah tahu kan cara pilih terigu buat baking.. jangan sampai salah lagi ya...

No comments:

Post a Comment