Wednesday, May 09, 2012

Tips Solo Treveler Overseas

Saya sebenernya baru beberapa kali aja solo traveler, tapi dari pengalaman itu memang ada beberapa tips :

1. Sebelum berangkat pastikan browsing dulu negara, kota sampai bandara yang mau di tuju. Jadi kita tahu tempat-tempat apa saja yang mau di datangi. 

2. Cari tempat tinggal sesuai budget. Kalau solo lebih baik nebeng atau di hostel yang murmer aja. Nebeng memang murah karena gratis, tapi kadang tidak enak karena kurang bebas. 

3. Search bagaimana cara ke hostel dari bandara. Nah ini harus search dulu. Pengalaman di new york, untung saya udah search, jadi udah ada bayangan cara-caranya. Kalau mau pilih naik bis, pastikan tahu rute-rute nya. 

4. Pelajari baik-baik peta kota tersebut. Di mana lokasi hotel, di mana tempat-tempat wisatanya, dll. Peta bisa bawa dari Indonesia atau bisa juga ambil di airport setempat. 

5. Pelajari baik-baik peta rute transportasi. Ini penting banget, karena harus tahu ke tempat-tempat wisata itu naik bis. 

6. Bawa barang secukupnya. Koper yang nyaman di bawa. Andalan saya sekarang koper yang 4 roda. Itu nyaman banget, enak banget bawanya. Lalu bawa back pack buat jalan-jalan hariannya. 

7. Tempat paspor, tiket, dompet di tempat yang gampang di raih, bisa pakai tas pinggang atau tas kecil. Kalau ga mau bawa banyak-banyak bisa juga masuk back pack, tapi taruh yang mudah deh, jangan rogoh-rogoh kalau lagi butuh. 

8. Paspor selalu di bawa, takut ada razia, harus punya ID. 

9. Kalau mau beli oleh-oleh, pilih yang simpel dan jangan memenuhi koper. Contoh souvenir ideal magnet kulkas :p itu andalan saya karena saya juga koleksi hehehe.. oh ya saya juga koleksi snow ball yang kecil, terinspirasi dari Ira. 

10. Bawa baju secukupnya, kalau bisa laundry ya laundry aja, jangan bawa banyak-banyak. Di luar negeri terutama western bisa laundry ko. 

11. Ini tips buat solat, kalau saya sih suka solat di taman atau di ruang menyusui di mall. Cuek aja, mereka juga toleran aja ko. Waktu di tokyo, hawaii saya sering solat di taman. Waktu di Chicago saya sempat solat di ruang menyusui. Oh ya, jangan lupa bawa kompas kiblat ya..

12. Pembelian tiket, hotel, dll sudah bisa online ya, jadi sudah bisa di booking dulu semua dari Indonesia. Ini bisa memudahkan sekali. Banyak ko website yang bisa di percaya misal agoda, hotwire, expedia, dll

Kalau dari sini, kalau bisa baca peta insya Allah ga nyasar deh.. jadi yang belum bisa baca peta ya belajar baca peta dulu ya.... :)


No comments:

Post a Comment