Sunday, July 21, 2013

Dokter Kandungan & Rumah Sakit Review

Saat mereview pertama kali ini, umur kandungan saya masih 7 bulan sih, jadi nanti review ini akan saya update terus hingga lahiran nanti. 

Setelah test pack saya mulai mikir mau ke dokter kandungan mana nih. Awal nya ingin dokter perempuan, jadi saya tanya-tanya ama teman-teman saya yang lagi hamil. Referensi awal dari teman saya untuk ke Dokter Diah Kartika Sari SPOG di Kemang Medical Care. Namun saya ganti dokter pada usia kandungan 3 bulan. 

Dr. Diah Kartika Sari SPOG

Berdasarkan informasi dari teman saya, dokter ini tidak pernah periksa dalam, karena saya malas untuk periksa dalam dan beliau juga sangat pronormal dan IMD juga. Saya 2x ke dokter Diah ini. Ketika umur kandungan 5 minggu dan 11 minggu di RS KMC. 

Kalau dari jadwal praktek RS dia mulai jam 8.00 tapi kenyataan nya selalu jam 9 lewat. Pertama kunjungan dia telat karena macet, yang kedua telat karena lagi menolong ibu melahirkan. 
Dokter berkerudung yang kira-kira berumur mid 40 tahunan ini, sangat baik, informatif dan komunikatif juga. 

Waktu pertama cek, alhamdulillah kantung hamil saya langsung terlihat dengan USG luar, karena beliau bilang kalau tidak kelihatan baru USG transvaginal. 

Beliau juga tidak suka kasih banyak vitamin dan obat-obatan, saya hanya di kasih Folavit saja untuk di makan 1x sehari.  Waktu itu saya tunjukan suplemen prenatal, yang saya beli di Century, karena di rekomendasikan teman untuk makan vit prenatal. Dan beliau bilang, ini nanti saja ya bu diminumnya, di trisemester terakhir, belum perlu sekarang. 

Lalu beliau juga menjelaskan jenis-jenis makanan yang boleh dan dianjurkan untuk dimakan. Beliau menjelaskan makan 3x sehari lengkap (karbo & protein) dan variatif serta banyak buah. Tidak perlu hingga porsi 2 orang, namun di sela-sela makan di selingi dengan snack ringan atau buah. 

Sebenarnya saya disuruh kontrol 4 minggu, namun saya merasa tidak terlalu banyak keluhan berarti kecuali mabok, sehingga menurut saya 6 minggu pun tak apa. 

Lalu pada kunjungan ke2, saya hanya diresepkan vitamin Prenatin DF (Rp. 100.080/30tab) dan Cal-95 Tab (138.600/30tab). Prenatin DF ini multivitamin yang ada Fe nya, untuk antisipasi anemia.  Beliau juga aktif tanya ke saya, bilang mau tanya apa lagi pak/bu. 

Kemang Mediacal Care (KMC)

Ini khusus RS Ibu dan Anak, lokasi di jalan ampera dan tempatnya hommy sekali. Saya selalu datang pagi sehingga dapat antrian 1 atau 2. 
Untuk cek kehamilan harga nya :
pertama :
- Adm dan Buku 25rb
- Konsul Obgyn 300rb
- USG 2D 115rb 
total : 440rb

kedua :

- Konsul Obgyn 300rb
- USG 2D 115rb
Total 415rb

---

Dr. Achmad Mediana SPOG

Lalu sekitar akhir Mei, saya mengikuti talkshow mengenai Hypnobirth di acara Compassion Festival di MOI Kelapa Gading. Salah satu pembicaranya adalah Dr. Achmad Mediana SPOG. Saya sangat terkesan sekali dengan penjelasan beliau disana, dan prinsip-prinsip yang beliau anut. 

Beliau menjelaskan pada prinsipnya kenapa banyak Ibu-ibu yang takut melahirkan, karena mereka tidak siap akan kehamilan itu sendiri. Jadi sebaiknya kesiapan mental menjadi Ibu itu sudah dimiliki ketika akan memprogram kehamilan, sehingga sepanjang kehamilan hingga melahirkan mental ibu juga siap. Kesiapan ini juga harus di iringi dengan ke ikhlasan kepada Allah SWT, manusia hanya berencana namun tetap Allah SWT yang berkehendak, sehingga ibu hamil harus tetap ikhlas dengan apapun yang terjadi setelah melahirkan. 
Inti dari gentlebirth dan hypnobirthing menurut beliau adalah kesiapan mental dan keikhlasan, insya Allah bisa melahirkan dengan gentlebirth dan hpnobirthing. Karena pasti ibu itu melakukan affirmasi/berdoa yang dia inginkan berulang-ulang. Selain itu juga harus di ikuti oleh olahraga agar otot-otot pinggul juga terbentuk memudahkan jalan kehamilan (ikhtiar). 
Lalu beliau juga menjelaskan jaman sekarang ini dokter juga harus bisa melakukan pendekatan dari view pasien, bukan lagi dari view dokter. Beliau ini juga punya RUMAH KAIT (Keluarga Akrab Iman dan Taqwa) di Ciawi, kegiatan sosial beliau. 
Sehingga saya memutuskan untuk cek dengan dokter ini untuk kunjugan saya selanjutnya. 

Dari hasil search beliau ini terkenal dengan kesabaran untuk menunggu pasien lahir normal dan juga pro IMD.
Jadwal praktek beliau ada di RS Gandaria, RS Asri dan Praktek Pribadi nya di Kemang Timur 23. Saya telpon ke Praktek Pribadinya mau daftar, ternyata harus antri 2 minggu sebelumnya, dan waktu terdekat juga 2 minggu lagi. WHAT.... lalu saya daftar ke RS Asri di Duren Tiga, dia hanya praktek disitu hari selasa pagi dan jumat siang saja, namun antrian lebih manusiawi alias tidak antri. 
Pertama cek dengan beliau sesuai dengan ekspektasi, beliau komunikatif sekali dan karena kandungan saya sudah 18 minggu jadi USG sudah detail.
Saya hanya diberi vitamin Folavit dan Calplex dan suruh kontrol 6 minggu lagi. Wah sesuai dengan prinsip saya yang kontrol kandungan tidak harus sebulan sekali dan beliau juga tidak banyak kasih supplemen tambahan. 
Dokter achmad ini juga bisa di SMS dan telp ke HP nya, saya coba sekali SMS karena ada keluhan sedikit dan beliau langsung balas.

Karena tahu antri lama, saya langsung daftar untuk kontrol 6 minggu lagi di praktek pribadinya, karena saya ingin coba disana untuk hari sabtu, karena suami saya sudah pindah kantor dan agak sulit untuk ijin pagi kontrol dokter. Sudah daftar sebulan sebelumnya aja, masih dapat giliran siang jam 1, karena pagi dipakai kontrol yang ikutan senam hamil. 

Kontrol di tempat praktek pribadinya memang enak, beliau lebih komunikatif, karena alat USG yang dipakai lebih canggih. Kita dikasih lihat 4D pada akhir USG nya. Pertamanya saya tidak tahu kalau itu 4D karena dia pencet tombol dan langsung imagenya berubah menjadi berwarna kuning sehingga janin terlihat kontur nya dan bergerak aktif. 

Beliau juga menyarankan saya untuk ikut puasa ramadhan karena janin saya relatif besar, sehingga baik untuk diet juga dan sebaiknya tidak perjalanan jauh dihari lebaran. Dan jadwal cek berikutnya juga 6 minggu lagi. 

Saya tanya suami, setelah 2 dokter ini, kita mau kedokter mana untuk hingga lahiran nanti, dan alhamdulillah suami OK dengan dokter achmad. 

RS ASRI Duren Tiga

Ini adalah rumah sakit umum yang termasuk baru di kawasan Duren Tiga. Kita pilih disini karena deket juga dari apartemen. Rumah sakit ini juga nyaman, tidak kalah nyaman dengan KMC. 

Kalau dilihat dari harga lebih mahal sedikit jatuhnya dari KMC untuk kontrolnya. Berikut detailnya :
- Adm Pasien Baru 35rb --> Adm Pasien lama 30rb (ini harus bayar terus perkunjugan, kalau di KMC tidak ada)
- Konsul Dokter Spesialis C 200rb
- USG 2D Print 250rb --> kalau tidak print 200rb
Total 485rb 

Untuk biaya melahirkan saya lihat sih, tidak terlalu berbeda dengan KMC (sama-sama mahal hehehe..)
Disini ada fasilitas waterbirt tapi katanyanya sih kolamnya lagi rusak.

Praktek Pribadi Dr Achmad Mediana SPOG - Jl. Kemang Timur no. 23

Bentuk praktek rumahan, karena ini memang properti pribadi milik Dr. Achmad Mediana. Disini beliau juga punya senam aquatik ibu hamil, senam hamil, klinik laktasi, lab sederhana dan playgroud. Namun tidak melayani persalinan. Harusnya dia buat RB aja ya :)
Ini juga dekat sekali dengan kantor saya hehehe..
Dari segi kenyamanan, cukup nyaman juga karena ibu hamil dikasih bubur kacang ijo. Dan alat USG nya sudah 4D, jadi kita dikasih lihat juga gimana 4D nya pada akhir USG. 

Kalau dari biaya :
- Adm 50rb (ini ada terus setiap datang)
- Kontrol & USG 350rb
Total : 400 rb (beda tipis ya dengan KMC tapi kalau KMC mesin USG 2D aja).

Kebetulan saya cek lab untuk DL (Rp 55rb) dan GDS (Rp. 19.500)

Untuk senam hamil biayanya Rp. 75rb. 
Ketika pulang, saya sudah langsung daftar untuk jadwal kontrol berikutnya dan juga senam hamil.





3 comments:

  1. dear mba.....aku mau tanya ttg kehamilan , aku jg kontrol di KMC tapi karena ada masalah sama asuransi jadi harus cari rs lainnya... kepikiran ke rs asri duren tiga...bisa japri dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa email ke yanisyahril@gmail.com atau yanisyahril@yahoo.com

      Delete
  2. Review yang bagus , membantu sekali untuk yang mau check kesana

    cek disini-> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/
    Jual mesin antrian serta mesin antrian survey kepuasan pelanggan . Minat ? Silahkan hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete