Thursday, July 18, 2013

Morning Sickness a.k.a Mabok

Pertama-tama saya senang karena saya tidak mabok, namun setelah memasuki minggu 6-7 (2 minggu setelah cek dokter), fase mual menyerang. Setiap hari muntah pagi, siang dan malam. Namun syukur alhamdulillah saya muntah jika mau makan, jadi setelah muntah saya masih bisa makan, walaupun nafsu makan sudah hilang juga sih, tapi ya harus dipaksa makan juga.

Masa mabok ini hingga minggu ke 16. Jadi bisa dibayangkan 10 minggu yang sangat memabokan dalam arti sebenar-benarnya. Saya sangat tidak menyangka proses kehamilan begitu sulit. Ditambah lagi, saya kan hanya tinggal berdua dengan suami di apartemen, lalu saat itu kerjaan suami saya lagi high load banget, jadi pulang kantor selalu midnight. Setiap pulang kantor saya sudah tidak kuat mampir beli makan, karena saya harus cepat sampai apartemen untuk muntah (mual sudah sepanjang perjalanan pulang). Hampir tiap malam nangis ga kuat dengan muntah-muntah sendiri. Rasanya waktu itu sedih banget dan lemes banget. Ingin rasanya saya untuk tinggal dirumah mama saya saja, karena setidaknya makan malam saya cukup terjamin. Lalu saya coba beberapa hari saja, karena saya tidak kuat dengan jauhnya perjalanan dari rumah mama ke kantor saya. 

Sekitar 3 minggu saya naik taxi dari apt ke kantor (minggu 7 - minggu 10), setelah itu saya kadang masih bisa bawa mobil, tapi kalau lemas dan mabok sekali ya naik taxi aja. 
Saya tidak kuat dengan bau mobil saya, bau hair tonic suami saya, bau dapur kantor, bau minyak kayu putih yang di pakai di WC oleh suami saya. Lainnya sih oke aja. Saya juga tidak minum obat-obatan anti muntah, semua saya tahan aja. Sempat sekali saya minum Ondavel yang saya minta dari teman saya yang lagi hamil juga di kantor.

Alhamdulillah, saya masih kuat ke kantor, saya hanya 2 hari tidak masuk kantor karena lemes banget tidak bisa ke kantor, walaupun saya selalu muntah-muntah di kantor. Terlepas dari itu semua...saya bersyukur masa-masa itu sudah lewat, dan hanya sampai 4 bulan saja. Setelah itu energy kembali seperti awal dan bisa menjalankan aktivitas normal. Jadi bersyukurlah para waninta yang hamilnya tanpa mabok dan mual.

Dari pengalaman mabok itu, berikut tips yang mungkin bisa membantu :
1. Siapkan permen, andalan saya adalah permen jahe sunny ville golden ginger, walaupun setelah 2 kaleng tidak mempan lagi sih hehe..), lalu permen pedas (ini titip ama teman belinya)
setiap rasa mual mulai menyerang, buru-buru deh makan permen...

2. Jangan biarkan perut kosong karena kalau kosong akan sakit muntahnya, at least ada air putih yang di muntahkan. 

3. Kurangi makan pedas, karena kalau muntah rasanya perih banget dileher walaupun dengan bersamaan makan pedas juga bisa menambah selera makan yang membuat tidak mual. (bingung ya hehehe..)

No comments:

Post a Comment