Saturday, April 28, 2012

1 hari di New York City

Saya cuma punya 1 hari full day di NYC, karena saya sampai hari selasa 21 sept 2010 sore,  dan pulang hari kamis 23 sept 2010 siang, jadi saya cuma punya 1 hari rabu 22 sept 2010 untuk menikmati New York City.  Jadi milih milih banget kemana saja yang wajib di kunjungi di NYC.
Pagi setelah sarapan saya beli Metro Pass untuk bus dan train sekitar $30 untuk 7 hari. Lumayan mahal, tapi dari pada beli yang single ride $10 dan setiap naik bayar $2.10. Harga metro pass di NYC lebih mahal dari pada di Chicago.  Saya pilih yang $30 pass 7 hari karena pasti saya sehari itu bisa 10x naik turun bis dan train. NYC itu ada 3 area yaitu Manhattan, Brooklyn, The Bronx, Queens dan Staten Island.Saya udah search harus kemana aja, jadi pilihan saya hanya ke daerah Manhattan saja karena bisa di bilang business distric dan yang paling happening deh. Nah dari daerah Manhattan yang wajib di kunjungi :

2.  Broadway
3.  Ground Zero dan Patung Liberty
4.  5th avenue - apple store
dan jalan-jalan di sekitar itu.

Jadi pagi setelah beli Metro Pass saya langsung meluncur ke Central Park dengan bus. Saya beli Metro Pass di drug store atau convinient store deket hostel. Metro Pass itu di jual dimana-mana ko. Oh ya, sebelumnya ambil peta bus dan train dulu ya di mana-mana juga ada. Di hostel juga ada atau convinient strore sekitar. Saya pilih banyak naik bus, karena pengen lihat-lihat juga. Kalau naik kereta subway kan ga bisa lihat apa-apa. Sampai di Central Park sekitar jam setengah 10 an. Lihat-lihat sekeliling dulu, akhirnya saya putuskan sewa sepeda. Target saya mengelilingi Central Park ini. Central Park ini, karena kan gede banget jadi ga mungkin kalau jalan kali. Sewa sepeda sejam $15, tapi untuk tambahan jam berikutnya cuma tambah $5. Oke saya sewa sejam dulu deh, tapi kata petugasnya gapapa kalau di jalan belum selesai, nanti langsung tambah aja jadi 2 jam. Oh oke deh jadi bisa aga santai. Dalam pikiran saya bisa lah selesai dalam sejam mengelilingi semua. Jadi di mulai lah mengelilingi.
Central Park Map

Di Area The Mall

Reservoir

Kaya yang di film-film kan? :p

Banyak yang olah raga

cart - salah satu transportasi central park

Area di depan central park yang ke arah broadway

Ada delman juga loh hehehe..
Central Park ini kan terkenal banget, karena sering banget shooting film disini, salah satunya Home Alone. Ternyata ya.. dibeberapa area itu jalanannya menanjak bow.. lumayan juga, saya kira jalan nya rata-rata aja. Alhasil lumayan olah raga juga tuh.. Di Central Park ini banyak banget tempat buat berhenti dan lihat-lihat, Kayanya memang enak banget tuh, duduk-duduk, tidur-tiduran santai-santai di sini, tapi berhubung mengejar waktu jadi ga sempat santai-santai. Udah pakai sepeda aja ternyata ga cukup mengelilingi sejam, jadi saya extend sewa sepeda jadi 2 jam. 2 Jam itu pas banget deh, udah aga terburu-buru juga. Kalau nanti kapan waktu balik lagi, kayanya pengen banget seharian di sini. Central Park ini tempat yang di pakai untuk olah raga, jadi banyak banget orang jogging.

Udah selesai mengelilingi Central Park saya langsung naik bis ke arah Broadway. Suasana broadway The Times Square juga langsung terasa beda, saya langsung bisa merasakan dari bis, jadi tahu kapan harus turun. Area Broadway ini terkenal banget dengan perayaan Tahun Baru (kalau pernah nonton film new year eve pasti tau :p) dan broadway show.  Sebenernya pengen banget nonton show itu, tapi kayanya ga mungkin dengan waktu cuma 1 hari, jadi masih menyimpan impian untuk nonton broadway show kapan-kapan. Saya makan siang di sini, di Mc D hehehe.. udah jauh-jauh makannya Mc D, yes karena fish fillet burger adalah pilihan saya kalau lagi travel overseas.

time squares area

ini tempat yang perayaan new year, pake bola lampu

ini miniatur bola yang di atas tadi

Orang pada nulis hopes dan dreams setiap tahun baru

ini bola lampu lagi

salah satu show

seems familiar ga sih? :p

kaya di film2 ya hehehe..

itu empire state building, gedung tertinggi

Udah jam 2an saya beranjak menuju Ground Zero dan Patung Liberty, karena perjalanan kesana lewat Hostel, jadi saya balik dulu naik subway untuk sholat lohor-asar, dan lanjut lagi ke area patung liberty.  Saya naik subway karena mengejar waktu juga. Udah menjelang sore soalnya. Begitu keluar di area Ground Zero saya celingak celinguk sambil lihat-lihat peta dulu. Tapi ternyata ada orang baik, nyapa saya dengan Assalamualaikum dan tanya mau kemana. Kalau di lihat sih dia seperti ada keturunan Arab gitu, dan dia petugas kantor pos di NYC. Saya bilang mau lihat ground Zero dan mau lihat patung liberty. Jadi di tunjukin ke meusium Ground Zero trus di arahin kalau mau lihat patung liberty naik ferry aja yang ke Staten Island aja, FREE, ga perlu naik boat khusus ke sana, karena kalau udah di Liberty Island malah ga bisa lihat patungnya secara keseluruhan dan mahal juga. Oh ok, terima kasih informasinya pak…Jadi saya langsung menuju musium Ground Zero. Dalam musium cerita tentang kejadian 9/11. Suasana mencekam dan sedih masih terasa di Musium itu.

Saya ga lama di musium, langsung menuju pelabuhan ferry ke Staten Island. Jadi ferry ini menuju Staten Island dan melawati Liberty Island. Jadi ternyata banyak juga turis yang melakukan hal ini, untuk melihat Liberty lebih dekat. Karena kalau dari darat masih jauh sekali. Begitu sampai di Staten Island, ya langsung antri lagi untuk kembali ke Manhattan. Area sini tuh business distric banget, jadi area perkantoran gitu deh. Saya sempat jalan kaki menyusuri jalanan area ini. Bursa Efek NY juga di area sini. Oh ya,ternyata di NYC ini malah banyak yang jual makanan halal, jadi saya makan malam beli kebab halal. Di jalan saya juga banyak lihat  yang pakai kerudung dan juga muka-muka blasteran arab gitu. Oh, jadi memang banyak yang muslim juga ya di NYC.  Saya beli souvenir juga di area sini.

WTC lagi di bangun lagi (ground zero)

Musium 9/11

mau masuk ferry

pemandangan dari ferry ke arah manhattan

Nah ini lambang NYC - patung liberty

ini ferry nya

pelukis jalanan

suasana taman di esplanade

charging bull statue - lambang financial dari wall street

halal sertificate dari omaha state

halal stall

Berhubung udah menjelang malam, saya masih mau ke 5th avenue,  area butik-butik mahal dan ada Apple Store yang katanya keren banget. Setelah saya pelajari ternyata Apple Store 5th avenue itu deket ama Central Park. Well, jadi saya balik lagi ke area Central Park. Saya pilih naik bis, karena mau lihat-lihat hehehe...Tapi ternyata kan 5th avenue itu panjang banget, jadi saya bingung mau berenti di mana. Bis nya kan lewatnya nya di 6th avenue jadi saya harus kira-kira mau berenti dimana biar pas mau ke apple store :p.  Saya berenti kecepetan, jadi harus jalan banyak blok lagi, tapi gapapa, saya menikmati jalan kali di 5th avenue. Tapi masalahnya hujan hehehe…tapi cuek aja lah, saya jalan menyusuri trotoarnya. Sampai akhirnya ketemu si Apple Store yang super keren itu.

apple store 5th ave

view dari dalam ke luar
suasana toko

suasana 5th ave malam hari

salah satu butikdi 5th ave

Tuh keren kan.. saya aga lama di sini, sambil nunggu hujan reda. Saya keluar  toko sekitar jam 10 malam, dan nunggu bis untuk pulang ke hostel. Well, saya puas dengan hari ini, kaki pegel tapi senang sekali…
Oh ya, pesawat saya kan besok pagi, jadi saya sudah terbayang deh bopong-bopong koper dari lantai 3.. oh no…. Jadinya saya sama seperti pertama bawa koper ke atas, bawa turunnya separo-separo dan packing lagi di pinggir jalan hihihihi…