Saturday, April 21, 2012

Mendaki Gunung Gede (Part 2)

Malam itu (5/4/12) setelah Pak Tato sampai di cibodas dan kita juga sudah selesai pakai perlengkapan, kira-kira jam 10 pm, kita mulai perjalanan ini. Kita semua ber 16 berdoa sebelum berangkat menuju pos kantor Taman Nasional. Padahal masih di luar nih, tapi jalanan sudah nanjak hehehe...wuahh... Perjalanan menuju kantor ini hanya sekitar 15 menit dari tempat parkir. Kita berhenti dulu sejenak di situ, dan Bu Fajar akhirnya menyerah dan memutuskan untuk menunggu kita di pos saja, mungkin karena kurang siap fisik, jadi dia sudah merasa kelelahan. Sekitar jam 10.30 kita mulai perjalanan kita ke Panyangcangan. Area dimana itu akan menjadi tempat kita kemping.

Malam itu bulan purnama, sinar terangnya cukup menyinari perjalanan kita juga. Dengan sinar terangnya membuat perjalanan menjadi sangat indah. Langit sangat cerah. Alhamdulillah sekali. Perjalanan di jembatan beton, dengan dibawah sinar rembulan, bermandikan bintang dan berlatar belakang pegunungan membuat pemandangan dan suasana malam itu sangat indah sekali. Sayang sekali kamera tidak bisa meng "capture" pemandangan malam itu. Subhanallah banget... dan sangat penasaran bagaimana pemandangan di sini saat terang :).

Kita istirahat sejenak di telaga biru sekitar 5-10 menit dan lanjut jalan ke Panyangcangan. Sampai di pemancangan kira-kira jam 01.30 am (6/4/12), 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh kira-kira 2km. Para lelaki cari tempat untuk mendirikan tenda, kita jaga tas dulu. Sudah banyak tenda-tenda yang sudah berdiri yang ternyata itu punya rombongan moestopo. Begitu tenda berdiri, kita langsung atur posisi untuk tidur. Total ada 5 tenda untuk 15 orang. Di tenda saya isinya Bagas, Kaysan, Uni Shanty dan saya. Karena sudah cape banget, saya langsung tidur, tidak terpikir deh makan malam hehehe... Pas badan sudah dingin mulai terasa deh dinginnya udara, tapi untung sleeping bag membuat hangat hehehe.. Kasian Bagas, malam itu dia tidak bisa tidur nyenyak. Kalau yang cowo-cowo sih masih kuat buat masak-masak, tahu tuh pada mulai tidur jam berapa.

Saking nyenyaknya saya bangun jam 5.30 am, langit sudah mulai terang dan kebelet pipis. Waduh pipis dimana nih.... Uni Shanty mau sholat dulu, tapi saya sudah tidak bisa tahan pipis lagi. Jadi kita mulai cari area semak-semak buat pipis hehehe... tengok kanan kiri akhirnya dapat tempat juga.  Pembelajaran pipis di alam pegunungan yaitu kalau turunan jangan jongkok miring, karena air pipisnya mengalir ke kaki, jadi harus menghadap atas, karena kalau menghadap bawah bisa rasa mau jatuh hihihihi.... Setelah pipis baru deh sholat subuh.

Pagi itu saya makan nasi rendang, yah cukup lah buat energi pagi hari, sambil ngemil beng-beng juga. Yang cowo-cowo juga masak lagi pagi itu. Kira-kira jam 8.30 am kita sudah siap untuk mulai perjalanan lagi. Rencananya kita akan mendaki hingga kandang badak untuk kamping lagi disitu, baru besok subuh jalan ke puncak gunung gede nya. Berdasarkan referensi-referensi katanya perjalanan Panyancangan - Kandang Badak sekitar 6-7 km dan bisa di tempuh dalam waktu 6-8 jam tergantung dengan kemampuan diri. Perkiraan kita sehubungan membawa anak kecil bisa mencapai 8 jam. Ternyata salah dugaan, karena membawa ibu-ibu bisa mencapai 8 jam hahaha... karena anak-anak itu melejit, jalannya cepet banget. Kita ibu-ibu (saya, uni shanty dan mia) jalannya banyak istirahat. Karil besar bawanya ganti-gantian antara saya dan uni shanty, bawa nya sejam-sejam. hehehe...

Suasana Panyancangan

Mas Cahyo sibuk masak pagi-pagi.
Katanya sih rencana mau buat nasi goreng, tapi lupa bawa bumbu nya

Sebagian tim berfoto sebelum mulai perjalanan

Perjalananannya kira-kira ya seperti foto di bawah nih..
track nya kaya gini nih..

menghindari jalan becek

halang rintang pohon tumbang
Setelah 4 jam perjalanan dengan berbagai halang rintang kita sampai juga di Air Panas. Dalam bayangan saya air panas di sini ya ada sumber air panas. Katanya sih kaya ada sungai gitu yang harus kita lewati. Belum terbayang seperti apa. Jadi pas sampai papan namanya saya foto dulu dong...

di depan papan air panas
 Setelah lewat papan nama, mulai terlihat asap-asap, oh itu tuh sumber nya, di bawah sepertinya.  Trus kita berjalan eh ada kali kecil, oh ini kali ya alirannya…

nih kelihatan asap-asap air panas
 Kirain cuma jalan setapak seperti ini aja nih yang di lewati.
air panas boongan

Tapi ternyata ada air terjun air panas.. o wow. Gimana cara lewatnya.. Jadi kita harus pilih-pilih jalan batu sambil pegangan ama tambang besi….mmmm sambil di melewati aliran air panas, beneran air panas, yah ga ampe melepuh tapi lumayan tuh kalau pakai sendal. Kira-kira kaya gini nih… (foto di ambil pas jalan pulang)
perlu sedikit akrobat
Setelah melewati air terjun ini tahu-tahunya kaysan dan bagas sudah berenang di kali, airnya hangat, cenderung dingin sih… Lalu cowo-cowo mulai memasak makan siang kita hehehe… kebalikan, disini cowo-cowo lah yang masak :p. Menu siang ini adalah Burger.

Kira-kira jam 1.30 pm kita mulai jalan lagi melanjutkan perjalanan. Berdasarkan informasi sekitar 1-2 jam lagi trus jalanannya landai. Tapi setelah di jalani mana yang landai? Makin nanjak gini loh… Kali ini saya yang bawa karil nya, udah ga kuat angkat badan deh, jadi kalau udah nak banget, pasti saya minta di dorong ama uni shanty dari belakang hehehe…(di sini rasanya simpati banget ama mama hehehe.. kan mama kalau naik tangga juga suka susah angkat badan).
Waduh…udah mulai gerimis nih…jalan di percepat dan tidak pakai istirahat-istirahat lagi, biar bisa cepet sampai kandang badak. Bener, pas sampai kandang badak hujan mulai besar, tapi alhamdulillah tenda udah pada jadi, jadi kita sudah bisa masuk dalam tenda deh… eh sempet numpang neduh sebentar sih di tenda orang.. oh ya kita sampai kandang badak ini sekitar jam 3.30 pm.

Di sini ada pancuran, jadi air nya dingin banget…. Huuu mantap banget dinginnya deh, rasa air kulkas. Wudhu di sini rasanya mantap banget hihihi… Kita sholat asar nya di tenda dan sambil duduk karena tidak muat kalau berdiri. Setelah sholat kita makan sore, si Mia udah masak nasi dan lebih jadi lah saya dan uni shanty makan nasi pakai sarden trus juga masak indomie. Begitu jam 6 an kita langsung sholat jama magrib – isya dan langsung tidur. Malam ini dika yang tidur di tenda kita. Sekitar jam 7an kita sudah tidur, ga tau deh kalau cowo-cowo itu ya pada tidur jam berapa. Eh btw, suasana kandang badak itu udah ramai banget ama tenda-tenda.

Malam jam 12 saya ke bangun, ampuuunnn dinginnya nembus loh...nembus sleeping bag..trus mana kaysan juga tidurnya mepet-mepet kita. Ternyata uni shanty kebangun juga, kita tertawa-tawa geli, ngapain kita kemping kaya gini hihihi dinginnya ampun, trus sambil ngebanyangin kalau kita uji nyali ke pancuran yang dingin itu gimana ya rasa nya hahaha.... sambil berusaha tidur lagi, rencana bangun jam 3 pagi untuk ke puncak. Ternyata baru ketawan kenapa dingin, ternyata tenda ga di resleting, pantes aja dinginnya nembus...