Sunday, April 22, 2012

Tips naik gunung buat pemula

Berdasarkan pengalaman naik gunung kemaren ini nih beberapa tips buat pemula :

1. Packing sendiri - karena kemaren di packing in jadi ga tau letak barang di mana aja :p, trus masing-masing barangnya di masukin dalam plastik, biar kalau tiba-tiba hujan ga basah. 

2. Ransel/Karil yang dibawa kita berisi barang pribadi kita - jadi klo ada apa-apa udah siap dengan peralatannya. Kaya kemaren pak tato dan ibu fajar berpisah barang-barang nya jadi sedikit kacau. Pak tato bawa pompa sedangkan kasur anginnya di bu fajar :p

3. Pake ransel/karil yang nyaman di pakai - jadi kalau mau sering naik gunung mending invest beli karil yang bagus, yang ada kantong air trus nyaman di pundak dan punggung - kemaren karena kita pinjam jadi aga kurang nyaman. 

4. Pakai sepatu tracking yang nyaman - at least sepatu olah raga biasa yang sol bawah lebar, jadi ga ke pletuk angle nya, kalau mampu beli sepatu tracking lebih baik. Kalau sepatunya ga water proof  di semprot water proof guard dulu (semprotan merek 3M). Kalau bisa sepatu jangan minjam, jadi tahu rasa kenyamanannya. 

5. Olah raga at least 1 bulan sebelumnya, mulai lari, jalan kaki, minimal 2-3 kali seminggu. Latihan kaki dan jantung, jadi tidak sesak napas alias ngos-ngosan :p

6. Kalau berangkat group besar, bawa makanan pakai group kecil aja, terutama untuk snack. Kemaren aga sedikit miss perhitungan, jadi berlebihan. Kalau mau di koordinir tapi bawa nya udah langsung masing-masing.

7. Bawa air minum yang cukup, minimal 1 orang 1 botol besar air mineral. Bertanggung jawab masing-masing. Aga berat sih, tapi dari pada dehidrasi. 

8. Sebelum berangkat kalau bisa udah "download" perut dulu, jadi ga was was sepanjang perjalanan. dan hindari makan yang bisa buat masalah perut. Kan males deh pup di semak-semak. Kalau memang ga bisa tahanan, mending bawa sekop, jadi di gali dulu.

9. Idealnya setiap group kecil 3-4 orang bawa 1 kompor, jadi ga terlalu antri masaknya. 

10. Jadi barang group kecil 3-4 orang itu : tenda, matras, kompor, peralatan masak dan makan. 

11. Barang pribadi wajib : ransel/karil + cover, sleeping bag, jaket, raincoat + celananya, baju ganti, sarung tangan, kupluk, kaos kaki, sun block, senter, obat pribadi, pain killer, makanan, beng-beng dan camera :p

12. Untuk makanan sebaiknya yang ready to eat aja, ga perlu masak repot-repot, kecuali kalau memang senang masak ya dan merasa seni naik gunung dari masak yah beda cerita.

13. Kalau malam tenda jangan lupa di resleting hahahaha..

14. Kalau mau belanja, beli-beli peralatan kemping outdoor di toko lokal hehehe.. ini lokasinya di area buaran dan penggilingan sini banyak banget nih list nya : 
  a. outlet consina - di jalan duren sawit
  b. trus ada 1 outlet di jl Radjiman, deket fly over buaran
  c. dan banyak banget di PIK
semua outlet itu harga miring banget, dari ransel, sepatu, celana, dll

15. Pulang kan pegel-pegel banget tuh, kalau suka di pijit ya sok aja di pijit, tapi jangan di manja, semakin banyak di gerakin semakin cepet hilang rasa sakitnya. 

Well, so far itu dulu ya... 

2 comments:

  1. Ha3...gw suka nih tips-nya. Boleh gw edit dikit nggak :-D

    ReplyDelete
  2. terima kasih... tentu boleh kl mau edit hehehe..

    ReplyDelete