Wednesday, April 25, 2012

Trip ter Nekad

Waktu saya putuskan untuk berkunjung ke host family saya tahun 2010 kemaren, rasanya pengen banget ke New York, tapi berhubung cuti yang di dapat mepet, karena setelah lebaran mau ada event jadi kayanya rencana itu pupus sudah.
Tapi ada berita gembira sehari sebelum cuti bersama lebaran 2010, bahwa event saya di undur, jadi saya dadakan minta cuti extra untuk memperpanjang trip saya. Alhamdullillah approved. Dalam pikiran saya adalah hei New York.. here I come..

Pertama untuk merealisasikan impian ini, saya ganti schedule pulang tiket internasional saya. Saya ganti shedule pas lagi transit di abu dhabi. Beli tiket domestik ke NY pake expedia.com pas lagi di florida. Tapi saya belum tahu mau tinggal di mana pas di NY. Nyari penginapan untuk di chicago aja juga pas di Florida. Pilihan saya di Youth Hostel jaringan Hostel International. Tadinya saya untuk ke chicago mau naik kereta sendiri dari south bend (Northern Indiana Commuter Transportation Distric), tapi ternyata Alhamdulillah kereta nya lagi tidak beroperasi, jadi saya di antar lah ke chicago ke Hostel tersebut.  

Cerita di chicago dan saya kemana aja nanti saja ya di cerita yang lain. Ini mau cerita tentang New York hehehe...Saya di chicago itu 19-21 Sept, di NY 21-23 Sept. Super mepet ya...tapi gapapa saya pergunakan waktu sebaik mungkin hehehe...

Yang buat deg-degan saya belum tahu mau tinggal di mana di NY. Di chicago saya browse hostel-hostel di NY. H-1 malam hari, saya telpon jaringan Hostel HI NY penuh, saya cari hostel lain salah satunya Chelsea International Hostel. Dia bilang sih penuh, tapi dia bilang coba besok pagi telp lagi. 
Deg-degan super berat. Pagi itu saya sarapan di Hostel sambil mikir mau nginep di mana nanti malam. DI ruang breafast saya bertemu dengan seorang Bapak dari Iran, muslim, dia ngajak saya ngobrol. Bahasa Inggris dia jelek banget, susah banget di mengerti, tadi nya saya cuekin tapi dia ajak ngobrol terus, jadinya saya layani aja. Dia tanya-tanya mau kemana dll. Ya udah saya jawab aja, mau ke NY, dst. Eh ternyata bapak itu baik banget, dia minjemin saya HP nya untuk nelpon ke hostel di NY karena saya bilang mau cari telpon umum, telpon umum di bawah lagi rusak. Trus dia tanya saya juga pesawat jam berapa, saya bilang jam 11. ya ampun kamu harus berangkat sekarang, kalau ga bisa terlambat. nanti saya anterin kata dia. Oh ok deh... padahal rencananya saya pagi itu masih mau liat michigan lake. Oh ya kata hostel di NY bilang coba aja nanti langsung datang first came first serve katanya. waduh... Bismillah semoga aja nanti ada yang kosong. 

Jadi si bapak itu bilang udah sana ambil koper nya saya tunggu di lobi aja. Saya anter kamu ke subway.   oh ok deh... jadi saya balik ke kamar ambil koper saya trus turun ke lobi. Saya bawa 1 koper besar, 1 koper kecil dan 1 koper backpack. Dan si bapak itu anterin saya ke subway, dia bawa koper yang besar dan saya bawa koper yang kecil dan meransel koper backpack. Koper besar saya itu berat nya kira-kira 20 kg. Dia bilang, koper kamu berat banget hehehe..., saya cuma bisa nyengir aja... Saya di anterin sampai depan kereta, dia di kasih lewat ama petugas untuk anterin saya, petugasnya kayanya kasian kali liat saya hehehe... dan setelah sampai ke kereta saya bilang terima kasih banyak.... wahhhh.. si bapak yang baru saja saya kenal baik banget, dari minjemin telpon sampe nganterin saya.. tapi kalau di pikir untung emang orang itu baik beneran, kalau dia ada niat jahat gimana nasib saya...

Berikutnya pas sampai di airport NY - John F Kennedy, saya celingak celinguk, mikir mau naik apa hehehe.. pilihan adalah taxi, shuttle (semi taxi) atau bus. Kalau dari internet arah ke chelsea hostel ini bisa pake shuttle (US$20) sampai di tempat, kalau bus murah sekitar $5 tapi dengan koper sebesar ini kayanya ga deh. Jadi pilihan saya adalah pake shuttle aja yah kan sama kaya taxi di indonesia ini, yang penting ga repot deh. Ternyata pilihan saya tepat... Taxi Shuttle ini kapasitas 6 orang, jadi kita di anter ke tujuan masing-masing kita. Chelsea International Hotel ini di 251 West 20th Street daerah Manhatan.  Tengah kota banget dong... Memang suasana NY itu langsung terasa seperti di film-film, hectic, croweded, macet. Perjalanan airport hotel kurang lebih 1 jam juga, karena pas jam pulang kantor hehehe.. sounds like jakarta banget ya... Tapi di taxi saya masih dag dig dug nih, sambil berdoa masih ada kamar di chelsea hostel ini. Saya ga punya backup plan mau nginep di mana soalnya. 

Tampak depan
ini tampak di side walk nya




























Begitu sampai kitra-kira jam 5 sore waktu NY, saya langsung ke resepsionisnya. Mmm ternyata ini beberapa apartment toh, jadi resepsionis nya kecil gitu deh. Saya tanya untuk 1 bed kamar perempuan. Tadinya dia bilang ga ada, tapi saya bujuk dengan wajah memelas, please cuma 2 malam aja ko. alhamdulillah ternyata masih ada. di kamar 614. Oke deh, dia bilang, kamarnya di next 2 door  di paviliun 257. oohhh... saya kirain di bangunan ini juga. Jadi saya gerek koper saya ke luar dan next 2 door. 

ini pintu masuknya

trus saya masuk dan langsung ter cengang dan melongo.... (coba di bayangkan dulu) begitu masuk ada tangga kayu curam ke atas, tiap lantai cuma ada kurang lebih 3 kamar. Tidak ada lift bow.. sambil berdoa semoga kamar saya masih di lantai bawah. 
o ow... curam amat

Ternyata saya kurang beruntung, ternyata kamar saya di paling atas lantai 3 pojok... ampun...bagaimana bawa koper besar saya ini hiks...  saya angkat dari resepsionis ke paviliun ini aja udah ngos-ngosan. hua....tapi kan koper ini harus tetap naik... well akhirnya dengan cueknya saya bongkar koper saya dan saya angkat separuh nya di koper separuhnya di kantong aja.  Sambil was-was jangan sampai ada ilang nih di ambil orang, karena saya kan angkatnya bolak balik ke atas gitu.
mau ke lantai 3

itu kamar 614 di pojok

tampak dari lt 2 ke bawah

Tapi after all, Alhamdullillah, saat itu saya happy banget.. dalam hati saya bilang "I am in New York..." Alhamdulillah, di permudah jalannya sampai ke New York. Tapi ini adalah Trip ter Nekad saya. Sambil mikir apa jadinya dan tidak terbayang harus ngapain kalau di Chelsea juga penuh saat itu. 

1 comment:

  1. Kalau kepepet kan tinggal gesek aja ke hotel terdekat. Secara udah kerja. :-D

    ss

    ReplyDelete